Selasa, 03 Januari 2012

Peternakan, Subsektor Pertanian yang Prospektif di Indonesia.

Pentingnya Peternakan Dalam Kehidupan.
Dunia peternakan merupakan dunia yang memiliki keterkaitan dengan manusia sebagai pengelola sekaligus penikmatnya. Banyak orang yang memandang bahwa sektor peternakan yang menjadi subsektor pertanian secara luas tidak menarik untuk dikembangkan sehingga jarang orang yang mau mempelajari lebih dalam mengenai disiplin ilmu peternakan. Indonesia memiliki banyak instansi-instansi pendidikan yang menawarkan program pendidikan berbasis peternakan, namun sekali lagi minat orang kurang begitu tinggi. Padahal jika kita melihat lebih jauh mengenai dunia peternakan pada dasarnya sangat penting dalam masyarakat.
Sumber protein hewani yang setiap hari dikonsumsi dari mana lagi jika bukan dari sektor peternakan. Telur, daging, susu, hingga produk olahan ternak yang sering kita temui dan konsumsi semua bersumber dari sektor peternakan. Oleh karena itu, pengembangan sector peternakan menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam Negara, khususnya Negara Indonesia sebagai Negara berkembang yang penuh prospek positif.
Berbicara mengenai sektor peternakan salah satu faktor yang sangat sulit dipisahkan darinya adalah faktor feed atau pakan. Pakan dalam dunia peternakan ada kalanya bersumber dari alami seperti rumput dan legum, atau dari pabrikan seperti konsentrat, feed additives, dan suplemen. Pakan alami biasanya berkaitan dengan padang penggembalaan atau dalam istilah peternakan dikenal dengan sebutan pasture. Penyusunan manajemen pasture yang baik akan menjadikan peternakan berbasis gembalaan semakin baik dan berkualitas menuju peternakan organik.
(cintaipeternakanindonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar